TUNTAS TEPAT WAKTU, DANREM 173/PVB SECARA RESMI TUTUP TMMD KE-112 KODIM 1709/YAWA

Yapen,  Berlokasi di halaman Makodim 1709/Yawa Jl. Maluku Kab. Kepulauan Yapen, Brigjen TNI Iwan Setiawan, S.E, M.M Danrem 173/PVB, secara resmi menutup pelaksanaan Program TMMD ke-112 Kodim 1709/Yawa TA. 2021 yang dilaksanakan di Kampung Miosnum Distrik Pulau Yerui Kab. Kepulauan Yapen, Kamis (14/10/2021).

Kegiatan diawali dengan Pembacaan Laporan Hasil Pelaksanaan TMMD oleh Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H Dandim 1709/Yawa, yang berisi tentang terlaksananya Program Fisik Pembangunan 8 unit rumah tipe 63 ukuran 9×7 Meter dan seluruh Program Non Fisik berupa Penyuluhan Mental Spiritual, Penyuluhan Pemberdayaan Masyarakat, Penyuluhan KB Kes, Penyuluhan Administrasi Kampung, Penyuluhan Stunting Anak, Posyandu, Posbindu PTM dan Pengobatan Massal telah selesai 100% dan dapat berjalan dengan baik dan lancar berkat dukungan seluruh masyarakat miosnum.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Pembacaan Amanat Pangdam XVII/Cenderawasih oleh Danrem 173/PVB, “Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan karunia-NYA, hari ini kita dapat melaksanakan Acara Penutupan Program TMMD ke-112 TA. 2021 yang secara serentak dilakukan diseluruh wilayah indonesia, dengan penuh sinergitas serta dilandasi semangat Gotong-royong dan Kemanunggalan”.

“Bapak Presiden RI telah menetapkan Visi Pemerintah yaitu indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian dengan berlandaskan gotong royong dengan 9 misi yang digelar nawacita II, sebab itulah dalam upaya mewujudkan visi dan misi pembangunan nasional tersebut, TNI berkewajiban untuk mendukung tercapainya sasaran strategis dan prioritas nasional sesuai dengan fungsinya, dan selain itu juga, TNI berkewajiban untuk menjaga stabilitas Keamanan Nasional dalam rangka menjamin Pembangunan Nasional”, lanjutnya.

“Salah satu program prioritas yang dilaksanakan oleh TNI dalam bidang Teritorial Tahun 2021 adalah Program TMMD yang berpedoman kepada TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri, yang bertujuan untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dan dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik maupun non fisik,  dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri khususnya di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih”, sambungnya.

“Dengan telah terlaksananya 100% seluruh Program Fisik maupun Non Fisik yang dilakukan oleh Satgas TMMD Kodim 1709/Yawa di Kampung Miosnum, maka dengan itu, Hari ini Kamis 14 oktober 2021, Kegiatan Program TMMD ke-112 yang dilaksanakan Kodim 1709/yawa diwilayah Kampung Miosnum Distrik Pulau Yerui Kab. Kep. Yapen secara resmi saya nyatakan ditutup”.

“Atas nama pribadi dan selaku Pangdam XVII/Cenderawasih, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Yapen yang telah mendukung anggaran kegiatan fisik TMMD ke-112 ini, Saya juga berterima kasih kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung terlaksananya TMMD, sehingga sasaran dapat tercapai dan seraya berharap apa yang telah dibangun ini, dapat dijaga dan dipelihara dengan baik, sehingga membawa manfaat besar bagi masyarakat”, pungkas Danrem.

Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, M.Ba Wakil Bupati Yapen dalam sambutannya juga turut mengatakan, “Atas nama Pemkab Yapen, saya ucapkan selamat atas suksesnya Pelaksanaan Program TMMD Kodim 1709/Yawa, disertai ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pangdam XVII/Cenderawasih, Danrem 173/PVB yang telah berkenan hadir pada saat ini, juga kepada Dandim 1709/Yawa beserta jajarannya yang tergabung dalam Satgas TMMD yang telah bekerja sekuat tenaga dalam menyelesaikan pembangunan 8 unit rumah bagi masyarakat Kampung miosnum”.

“Suksesnya Program TMMD ini akan semakin memperkuat Kemanunggalan TNI bersama rakyat dan semakin mengharumkan reputasi TNI di mata masyarakat, yang tidak hanya sebagai garda terdepan dalam menjaga kedaulatan bangsa tapi juga sebagai pilar pembangunan dalam mendukung percepatan pembangunan Kepulauan Yapen yang lebih nyaman, lebih maju dan lebih sejahtera, oleh sebab itu, kami harapkan Program TMMD seperti ini bisa terus berlanjut, karena sangat besar dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat yang berada dipelosok wilayah Yapen ini”, harap Frans Sanadi.

Setelah sambutan Wakil Bupati Yapen, Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan dan Penyerahan  Naskah Hasil Program TMMD oleh Danrem 173/PVB kepada Wakil Bupati Yapen, serta diikuti dengan penyerahan secara simbolis Kunci Rumah hasil TMMD dari Wakil Bupati Yapen, Danrem 173/PVB, Dandim 1709/Yawa, Ketua DPRD, Ketua Komisi B DPRD, Wakapolres Yapen, dan Sekda Pemkab Yapen, kepada 8 orang warga miosnum yang berhak menerima rumah hasil pembangunan Program TMMD Kodim 1709-Yawa.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Letkol Inf Usep Setiyawan Kasiter Korem 173/PVB, AKBP Naharuddin S.Sos. Kapolres Waropen, Yohanis G. Raubaba Ketua DPRD Yapen, Fridolin Warkawani Wakil Ketua II DPRD Yapen, Ir. Alexander Nussy Sekda Kab. Kep. Yapen,  Marcelo Bellah, SH. MH. Kajari Serui, Ronald Masang SH.MH Ketua Pengadilan Negeri Yapen, Kompol Hardi, SH. MH Wakapolres Yapen, Mayor Inf. Luther Ayomi Danramil 1709-01 Yapen Selatan, Pdt. Ressli Birahi, S.Th. Ketua Klasis Yapen Selatan, Ones Wayoi Tokoh Adat, Baren Agaki Ketua LMA Waropen, Pdt. Melkianus Wayangkau Tokoh Agama Kristen Protestan, Ustadz Teguh Susilo Tokoh Agama Islam, Ida Damayanti Tokoh Agama Budha, Ida Bagus Anjana Tokoh Agama Hindu, Mikha Runaweri Ketua KNPI, Roland Sanggenafa Ketua FKPPI, Heri Setiawan Ketua Panjawi, Mudin Ketua Kerukunan Buton, dan G. Simbolon Ketua Kerukunan Batak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *